Monday, July 29, 2013

ingetin gue buat print ini

Pada saat kita membuat es batu maka kita telah mengubah wujud zat cair menjadi zat padat. Demikian juga sebaliknya, es batu dalam es teh lama-kelamaan akan mencair. Pada kedua peristiwa tersebut telah terjadi perubahan fisika. Apakah perubahan fisika dan perubahan kimia itu ? Ayo temukan jawabannya dengan mempelajari bab ini !

PERUBAHAN FISIKA

Perubahan fisika adalah perubahan pada zat yang tidak menghasilkan zat jenis baru. Contohnya beras yang ditumbuk menjadi tepung. Beras yang ditumbuk menjadi tepung, hanya menunjukkan bentuk dan ukuran yang berubah, tetapi sifat molekul zat pada beras dan tepung tetap sama.Peristiwa perubahan wujud zat, antara lain : menguap, mengembun, mencair, membeku, menyublim, mengkristal merupakan perubahan fisika.Terdapat beberapa ciri- ciri pada perubahan fisika, yaitu:
  1. tidak terbentuk zat jenis baru,
  1. zat yang berubah dapat kembali ke bentuk semula,
  1. hanya diikuti perubahan sifat fisika saja.
Perubahan fisika yang lainnya adalah perubahan bentuk, perubahan ukuran, dan perubahan warna.

PERUBAHAN KIMIA

Perubahan kimia adalah perubahan pada zat yang menghasilkan zat jenis baru. Misalnya pada saat membakar kertas. Setelah kertas tersebut habis terbakar akan terdapat abu yang diperoleh akibat proses pembakaran. Kertas sebelum dibakar memiliki sifat yang berbeda dengan kertas sesudah dibakar.Contoh perubahan kimia, antara lain: nasi membusuk, susu yang basi, sayur menjadi basi, telur membusuk, telur asin, besi berkarat, dan lain-lain.Terdapat beberapa ciri-ciri perubahan kimia suatu zat, yaitu: terbentuk zat jenis baru, zat yang berubah tidak dapat kembali ke bentuk semula, diikuti oleh perubahan sifat kimia melalui reaksi kimia.Selama terjadi perubahan kimia, massa zat sebelum reaksi sama dengan massa zat sesudah reaksi.

Contoh Perubahan Kimia :

  1. Kertas Dibakar jadi arang
  2. Pembakaran bahan bakar, bensin atau solar menghasilkan zat cair dan asap serta energi yang dapat menggerakkan kendaraan bermotor.
  3. Proses fotosiontesa pada tumbuhan yang memiliki zat hijau daun, mengubah air, gas karbon dioksida dan bantuan cahaya matahari dapat diubah menjadi makanan atau karbohidrat,
  4. Pemanasan batu kapur menghasil kapur tohor dan gas karbondioksida.
  5. Besi yang berkarat.
  6. Nasi menjadi basi
  7. Gula pasir dibakar jadi hitam
  8. Natrium hidroksida dicampur dengan asam klorida membentuk natrium dan air
  9. gula di rebus akan menjadi cair
  10. Pemanasan batu kapur menghasil kapur tohor dan gas karbondioksida


Contoh Perubahan Fisika :

  1. Air jadi ES
  2. Gandum yang digiling menjadi tepung terigu.
  3. Benang dipintal menjadi kain
  4. Batang pohon dipotong-potong menjad kayu balok, papan dan triplek
  5. Batu jadi pasir
  6. Besi yang meleleh
  7. Mentega mencair
  8. Lelehan lilin yang dipanaskan dari bentuk padat jadi cair
  9. Kapur barus menyublim menjadi gas
  10. Benang menjadi kain



ini anak SMA ricci moga-moga ga liat ini.

No comments:

Post a Comment