Monday, April 15, 2013

Gentleman - PSY another 'Gangnam Style'?

     I'M A MOTHER..... father Gentleman. yup, Mother father.

     HE'S BACK EVERYONE, PSY IS BACK. Literally(Serius). Kemarin ini tanggal 13 April 2013 pada pukul 6.30 waktu Korea Selatan, di depan 50.000 lebih penonton yang menunggu di Seoul Sangam Stadium; PSY secara resmi kembali ke dunia musik dengan single terbarunya "Gentleman", followup dari single yang mainstreamnya keterlaluan "Gangnam Style".


Gue bakalan bingung banget ngereview ini... tapi mau gimana lagi, jail sih.




Setting tempat
tuh kan, baru sampe sini gue udah nyesel buat review ini. 
Pokoknya banyak. Latar tempatnya gue ga mau hitungin satu-satu...SAMA AJA GUE KAYA NGITUNGIN TELUR UDANG, KEBANYAKAN. CAPEK. SUSAH DILIAT. Tapi gue sebutin tempat tempat yang special aja.
- Di lift (entah gedung mana) bersama Jaesuk yang sedang sakit perut...

 - Di sebuah perpustakaan, jujur gue penasaran ini sebenernya dimana
- Di mulut Ga-In... MAKSUD GUE DI RESTORAN KECIL BERSAMA GA-IN.
 - Di Restoran Kecil lagi... Tapi cek semua wajah yang bisa dilihat. priceless.
 - Di Goyang Gym...


Konsep
Mampus gue.

Konsepnya menurut gue arogan! kecongkakan! kekibiran! kejemawaan! kelantaman! dan lain-lain. Ini cukup jelas terlihat di Music Videonya dimana PSY selalu bertindak melecehkan setiap wanita dan Jaesuk yang ia temui. dan untuk informasi kalian jaesuk cuma satu, gue jail aja.


Tapi yang gue ga ngerti, kenapa judul musiknya 'Gentleman', tapi PSY menunjukan sikap yang sangat bertolak-belakang dengan judulnya? Hanya PSY yang tahu. 


Fashion

Sebenernya style baju yang digunakan PSY gak terlalu beda jauh dengan era "Gangnam Style", gue ga bisa bilang gaya bajunya ketinggalan jaman karena Gentleman adalah followup dari Gangnam Style. Jadi menurut gue sama dikit gapapa.

Celana Drop-Crotch ala PSY sekali lagi menarik perhatian gue. Apakah rasanya enak memakai celana dimana selangkangan kita memiliki ruangan yang sangat luas? Gue kaga ngerti. Apa jangan-jangan di balik celana-dengan-ruang-lebih-pada-selangkangan ini sengaja dipakai PSY untuk menyembunyikan sesuatu? APA JANGAN JANGAN PSY MEMAKAI POPOK DEWASA YANG SUPER BESAR DI BALIK CELANA TERSEBUT? 


Maaf


Dance

Pernah lihat Music Video Abracadabra - Brown Eyed Girls gak? Kalo belum cek dulu deh. Gimana? sama kan? PSY cuma menggambil Dance dari Abracadabra (dengan izin Ga-In tentu) dan sedikit improvasi khas dirinya.

Gue mesti ngomong apa disini.

Bisa dibilang dancenya lebih santai daripada Gangnam Style. Apa jangan-jangan ada hal yang tersembunyi di balik dance yang pelan tersebut? JANGAN-JANGAN KARENA PSY UDAH BESER, POPOKNYA JADI SERING BASAH, DAN PSY TAKUT POPOKNYA BOCOR, DAN MENEMBUS CELANANYA?

Ampun


Lagu

Coba gue kutip sedikit lirik yang sudah di translate ke bahasa inggris dari Gentleman:
Ah Ah Ah Ah I'm a...
Ah Ah Ah Ah I'm a...
Ah Ah Ah Ah I'm a mother father gentleman
Ah Ah Ah Ah I'm a...
Ah Ah Ah Ah I'm a...
Ah Ah Ah Ah I'm a mother father gentleman
I'm a, ah I'm a
I'm a mother father gentleman
I'm a, ah I'm a
I'm a mother father gentleman
I'm a, ah I'm a
I'm a mother father gentleman
I'm a, ah I'm a
I'm a mother father gentleman
PS: Gue copy-paste dari google

Di sini kita sampai ke bagian yang paling membingungkan dari "Gentleman." memang beatnya dapet dan catchy - bahkan mungkin lebih daripada "Oppa Gangnam Style" - namun, meskipun begitu... kita tahu setiap kata dari kalimat ini, jadi gue agak sulit menangkap arti dari "I'm a Mother Father Gentleman".



Seperti yang tertulis di gambar di atas, Mother-Father-Gentleman ini dimaksudkan agar menjadi kalimat yang lebih friendly dari Motherfucking Gentleman. Tapi menurut gue ada arti yang lebih mendalam di kalimat tersebut. PSY ingin orang menganggap dirinya sebagai pria yang sangat bagus untuk dibawa pulang dan diberikan kepada ayah dan ibu kalian. 



Ichiba, varaniya, nori, moli, holy, daddy, chunga, ri 
Varriya, get feeling, feeling good, brutake 
Varriya, gachu, gunya, sorinage, sorinage 
Varriya, damn girl, I’mma party, morphine
Di lirik ini, PSY lebih mirip seorang wanita ganjen yang demen memperbanyak hastag di setiap foto instagram-nya daripada seorang rapper. Dan "I'mma party, morphine" merupakan kalimat yang sering gue dengar di lagu-lagu rap mainstream sejak tahun 2010. Apa perasaan gue saja? 


Gonna make you sweat 
Gonna make you wet 
You know who I am, west side
Woah woah woah oke stop disitu.
Apa-apaan, PSY mulai berubah dari seorang rapper menjadi bintang film porno?

Sekali lagi, ini lagu PSY. Gue bingung mau review gimana.... Jadi kalau ada yang salah atau gak enak di hati kalian, maaf ;__; 


Keknya gue bacot banget ya.

Oke gue stop disini

No comments:

Post a Comment